Mereka-reka Rencana Weekend Trip ke Jogja

 

Jogja Istimewa, weekend gate away

Hai Klavers, 


Sudah mulai jenuh di rumah? Yang bilang enggak bosen di rumah itu pasti kaum introvert golongan maha dewa. Selama harus bertahan di rumah saja, karena pandemi corona ini, kesehatan jiwa baik-baik saja. Terlalu baik bahkan karena banyak hal yang bisa saya kerjakan dibandingkan sebelum ada pandemic. Meskipun secara raga tidak bisa kemana-mana, tapi pikiran dan otak kita tetap harus bekerja. Oiya selain itu saya jadi punya banyak waktu lebih untuk mengerjakan hal-hal yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Misalnya sekedar membuat cemilan bolu kukus, ikut kelas online bahkan traveling online.

Kerinduan traveling menjadi salah satu doa terbesar saya agar pageblug ini segera kelar. Menyusuri sepanjang Malioboro, nongkrong di kawasan Nol Kilometer, jajan ronde di Alun-alun Kidul atau menikmati segelas kopi joss. Aih.. makin rinduuu ini mah. Ya sudah, gimana kalau kita berandai-andai traveling ke Jogja yuk, bikin budget aja dulu. Pas masa self-quarantine ini kita kan nggak kemana-mana, uangnya bisa ditabung untuk budget traveling kita. Seru kan?



Pertama-tama coba kita cek harga tiket kereta api ya. Saya pilih kereta api karena lebih santai dan kalau bisa ambil kereta yang pagi sekalian menikmati pemandangan. Buat Klavers yang nggak punya banyak waktu boleh lah memilih transportasi udara, sambil berkenalan dengan Yogyakarta International Airport (YIA). Bandara barunya Jogja yang sudah mulai beroperasi sejak 29 Maret silam. Dengan budget kira-kira 300 ribu sudah sampai Jogja (asumsi Klavers tinggal di Pulau Jawa), bisa dapet tiket PP jika memilih tiket ekonomi kereta api.

Urusan transport kelar, sekarang tinggal mikir mau stay di mana. Jangan khawatir, Klavers bisa punya banyak pilihan tempat tinggal. Mau yang budget murah dan bisa banyak orang, cari aja homestay. Solo travelers dengan budget minimalis bisa pilih dormitory. Pengen nyaman ada hotel dari berbagai bintang. Jika sudah menentukan jenis tempat tinggal yang seperti apa, pertimbangan berikutnya cek lokasi. Pastikan tempat tinggal yang Klavers pilih punya akses transportasi yang tidak merepotkan. Artinya pertimbangan dekat dengan kota, atau akses kendaraan umum bisa jadi alasan pemilihan lokasi. 

Kalau masih bingung memilih mau stay di hotel mana, berapa lama dan mau ke mana aja di Jogja bisa jadi pertimbangan utama. Hanya sempat menghabiskan libur akhir pekan di Jogja? Ada beberapa pilihan hotel yang berada di dekat Tugu Jogja atau stasiun Tugu. Apalagi jika pilihan transportasi yang dipilih Klavers adalah kereta, tinggal jalan kaki saja menuju hotel. Tidak perlu bingung jika kebetulan sampai di Jogja tengah malam atau pagi buta, karena tidak kesulitan mendapatkan transportasi menuju hotel. Bonusnya lagi, Klavers bisa langsung rebahan dan istirahat, jadi nggak ada waktu yang terbuang gara-gara dan menghadapi drama kesasar hotel atau mencari transportasi menuju hotel.

Kebetulannya lagi kawasan Tugu sampai dengan Stasiun Tugu benar-benar berada di pusat kota, dekat sekali dengan Kawasan Malioboro. Jika hanya sempat untuk city tour saja maka carilah hotel yang berada di seputaran Tugu. Banyak pilihan hotel bagus di sepanjang Jalan P. Mangkubumi, misalnya Hotel Harper Mangkubumi, The 101 Yogyakarta Tugu Hotel dengan rate harga Rp. 300.000,- an per malam untuk twin bed plus free sarapan pagi. Kamarnya tidak terlalu sempit dengan tempat tidur yang nyaman. Pemandangan kota Jogja terhampar indah begitu gorden di buka. Pilihan menu sarapan bervariasi, kalau saya mengawali dengan sepiring buah. Setelahnya saya biasanya tergoda dengan bubur ayam. Untuk pilihan yang sangat dekat dengan Stasiun Tugu, ada pilihan Hotel Neo Malioboro yang cukup berjalan kaki 2 menit saja dari Stasiun Tugu. “Kamarnya nyaman”, kata seorang kawan dari Jakarta yang pernah menginap di sana. Tentu saja Klavers punya banyak pilihan hotel lain yang bisa disesuaikan dengan budget. Baiklah, saatnya menghitung biaya. 

Pengeluaran weekend mini trip ke Jogja untuk 1 pax sebagai berikut:
1.    Tiket kereta PP ekonomi : Rp. 300.000,- (asumsi, tergantung kota asal Klavers)
2.    Hotel 3 hari 2 malam : Rp. 300.000,- ( shared twin bed, termasuk sarapan dan pilih di Kawasan Tugu)
3.    Transportasi  2 hari : Rp. 50.000,-
4.    Makan 2 hari : Rp. 200.000,-
 Nah total liburan ke Jogja kali ini Rp. 850.000,- per orang. Gimana masuk budget Klavers kan, siap-siap yuk buat liburan ke Jogja setelah keadaan membaik nanti. Pokoknya ditunggu di Jogja ya, sampai ketemu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer