Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas SEO Gratis BRT Network

Kelas SEO gratis? Tanpa pikir panjang saya langsung mengisi google form yang dibagikan di sebuah wag. Semoga terpilih, begitu doa saya dalam hati seusai mengetuk  kirim di layar gawai. Bukannya apa-apa pasti yang daftar kelas ini bejibun kan?

pengalaman para blogger ikut kelas SEO gratis BRT Network untuk meningkatkan performa blog agar menarik pembaca

Sejak mulai ngeblog awal tahun 2020, sampai sekarang saya benar-benar ngeblank dengan dunia blogger. Pengetahuan saya benar-benar nol, katakanlah saya memulainya dengan modal nekat. Sama nekatnya dengan keikutsertaan kali ini dalam kelas yang diadakan oleh BRT Network kali ini. Kenapa? alasannya hanya satu kata, BUTUH!

Doa saya terkabul, rasanya Tuhan mengerti apa yang saya butuhkan saat ini hehehe. Sesi pertama kelas dimulai di tanggal 1 Desember 2021 dengan jumlah peserta kira-kira 90 orang. Meskipun hanya belajar online dan diskusi dilakukan di wag tetapi kelas berjalan sangat efektif. 

Rasanya lelah jempol dan mata ini harus membaca percakapan grup yang ribuan jumlahnya. Mencatat setiap tips dari para coach atau memperhatikan pertanyaan dari teman lain dan solusinya. Namun yang berbeda dari kelas ini dibandingkan kelas online yang pernah saya ikuti sebelumya adalah materi. Hampir 90% materi dalam kelas ini adalah praktek bukan teori.

Materi pembelajaran SEO di Kelas BRT Network

Istilah SEO selalu menjadi trending topic saat saya berada di kumpulan teman-teman blogger. Ibaratnya si SEO ini adalah standar kompetensinya para blogger. SEO tidak bisa dipelajari dengan sistem SKS (sistem kebut semalam) malam ini belajar besok lulus.

Sebagai blogger pemula tentu ada banyak sekali hal yang harus kita pelajari, ditambah lagi ilmu SEO mengalami perubahan/perkembanggan. Dengan mengikuti kelas ini tentunya kita dimudahkan karena diberi arah jalan harus memulai dari mana. Dua belas hari di belajar SEO di BRT Network ada 2 materi pembelajaran yaitu:

1. Menggunakan Meta SEO Inspector

Apa sih Meta SEO Inspector? Letak Meta SEO Inspector ada di sebelah kanan atas saat kita membuka Google Chrome, ditandai dengan ikon dua lampu berwarna biru dan kuning. Meta SEO Inspector harus ditambahkan ke Google Chrome jika belum terpasang. 

Selanjutnya setelah halaman web terbuka, ikon dua lampu tersebut tinggal diklik. Sebuah tampilan akan muncul menyajikan hasil analysis. Yang perlu diperbaiki adalah komponen yang ditandai warna merah. 

Kali ini saya harus memastikan opengraph, header dan mobile text tidak berwarna merah. Jika terdapat warna merah itu artinya saya harus melakukan edit html. Bagian header saya masih belum sesuai dengan urutan. H1 berupa judul blog, H2 berupa judul artikel sedangkan label, arsip  dll sebagai H3

Cukup njlimet memperbaiki susunan ini, beruntung ada Kak Ros yang membantu saya menyelesaikan. Jadi tidak pusing sendirian. Saat mengedit HTML memang harus hati-hati dan teliti agar tidak salah hapus atau ketik, bisa makin berantakan susunan blog kita nanti

Jika meta SEO Inspector ada tanda warna hijau artinya semua komponen sudah oke. Oiya pastikan bagian ‘lang’ nya tertulis ‘lang id’ ya, bagian ini bisa tinggal ditambahkan ‘id’ pada edit html bagian atas. 

2. Parameter SEO on page

Minggu ke dua lanjut ke pembahasan SEO, para coach membagikan rumusan parameter SEO on page. Keyword, urutan header, alt image, internal link dan Google Search Console menjadi poin pembelajaran kelas kali ini.

Sebelum tentukan keyword dan LSI Keyword-nya dulu. Keyword diletakkan di awal judul (maksimal terdiri dari 55 karakter) dan harus ada di H2, H3, agar keyword tidak spamming bisa diganti dengan LSI keyword (kata yang relevan dengan kata kunci). Foto juga harus diperhatikan, sebaiknya mengunggah file image max 100kb.

Keyword ada di judul, 150 karakter paragraph awal, permalink, meta deskripsi dan penamaan gambar (pakai strip (-)). Dalam penulisannya keyword tidak perlu ditebalkan, dimiringkan dan diberi garis bawah. Artikel terdiri dari paragraph yang tidak terlalu panjang (3/4 baris), selalu ada kesimpulan dan dipasang internal link yang relevan.

Setelah diposting, artikel dibagikan di media sosial (FB, Twitter, IG dll) untuk mengetahui sosial signal  dan dicek dengan menggunakan Google Search Console. Poin-poin tersebut dijabarkan lebih detil sehingga ada delapan belas parameter yang harus dipenuhi saat kita membuat tulisan di blog sebagai berikut:
Parameter SEO on Page adalah salah satu materi yang dibahas di kelas SEO gratis BRT Network agar tulisan bisa ada di halaman satu mesin pencarian google


Pengalaman Mengikuti Kursus online SEO di BRT Network

Ini pertama kalinya saya belajar SEO online. Meskipun agak bingung di awal kelas lama kelamaan saya bisa mengikuti ritmenya. Bagi yang tertarik mengikuti kelas ini mungkin bisa pantau media sosial BRT Network untuk mendapatkan informasi kapan pendaftaran dibuka.

Blogger pemula wajib ikut kelas seo gratis brt network agar blog seo friendly


Kelas ini terbuka bagi siapa saja yang komit untuk belajar. Saya kagum dengan semangat mba Maya Nirmala Sari salah satu blogger yang kebetulan satu tim dengan saya. Memulai debutnya di blog sejak tahun 2014 tidak membuatnya berhenti belajar. Merasa stuck, akhirnya mbak Maya berniat untuk mengubah nasib memiliki blog yang keren.

“Wah ternyata memang dibutuhkan keberanian untuk keluar dari zona nyaman,”kata mbak Maya. “Capek, deg-degan campur semangat ikut kelas ini kalau mau maju,” lanjutnya. Ya, tadi malam saya melihat sendiri perjuangan mbak Maya saat harus mengalami masalah ketika memasang Google Search Console. Lega setelah masalah teratasi berkat bantuan para coach dan teman-teman di kelas.

Kelas BRT Network ini bagus untuk blogger pemula yang ingin serius mendalami dunia blogging. Inilah yang menjadi alasan mbak Palupi seorang working mom dengan dua anak balita akhirnya memutuskan untuk ikut kelas ini. Tidak mudah membagi waktu untuk bekerja, menjadi ibu dan belajar, jadi wajar jika sering kali kewalahan dengan chat di wag yang sudah menumpuk.

Kami mempunyai deretan harapan saat kelas ini usai. Bagi Mbak Maya kelas ini membuatnya pertama kembali bersemangat ngeblog karena mendapatkan inspirasi dari teman-teman. Mbak Ratna ingin agar tulisannya bisa memberikan manfaat, dibaca banyak orang dan blognya bisa lebih seo friendly.

Kelas ini adalah bekal buat saya untuk masuk ke dunia blogging, sedikit ilmu yang saya dapatkan disini saya harap bisa membawa perubahan yang lebih baik untuk blog saya. Terakhir tentu saja kami sepakat dengan harapan Mbak Maya yaitu bisa memilki penghasilan yang besar dari blog. Harapan terakhir ini sepertinya harapan saya dan semua blogger yang ikut kelas ini deh.

Kesimpulan


Di kursus online optimasi blog BRT Network ini saya tersadar, ngeblog itu tidak sulit tetapi juga tidak mudah. Dulu menulis di blog itu mudah, menurut saya, tulis cerita perjalanan kemudian posting. Selesai, dibaca orang syukur nggak ada yang baca yo wes. Sesederhana itu pemikiran saya saat awal mulai menulis di blog ini, toh ini hanya sekedar tulisan tentang pengalaman travelling atau semi curhatan saja.

Melihat para coach serius sekali menyiapkan materi, membalas pertanyaan kita satu-satu, memastikan tidak ada yang tidak paham, mengevaluasi blog kita kemudian pelan-pelan saya merubah mindset saya. Blog ini harus dikelola dengan serius, mulai sekarang saya tidak boleh asal nulis. 

Saya harus bekerja ektra keras untuk mengejar ketinggalan dibandingkan dengan teman-teman yang sudah lebih dulu mulai ngeblog. Masih dua minggu lagi sebelum kelas ini berakhir untuk mencuri ilmu sebanyak-banyaknya dari kelas ini dan sukses menjadi blogger pemula.
  



klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

32 komentar untuk "Kelas SEO Gratis BRT Network"

  1. Hadewh, kudu konsentrasi baca ini.

    BalasHapus
  2. Selamat mbak... Akhirnya bisa masuk kelas yang banyak ilmunya. Kemarin sebenarnya aku pengen ikut juga, tapi apa daya waktu dan tenaga tidak memungkinkan. .semoga sampai lulus ya mbak. Ntar aku belajar sama mbak Dian...

    BalasHapus
  3. Pingin juga nih paham tentang ngeblog yang bener, apalagi bisa dapat cuan, semangat Mbak Dian, bagi ilmunya dong, aku juga nol kalau ditanya tentang blog 🙈Mau belajar biar lebih pede juga.

    BalasHapus
  4. selamat mba Dian, lolos kelas yang benar dibutuhkan. Wah ilmunya memang mantap ya. Semangat-semangat terus

    BalasHapus
  5. Semangat menggali ilmu mbak. Ngomongin SEO kayak nggak ada habisnya yaa. Kudu dipelajari terus.

    BalasHapus
  6. Kelas SEO kayaknya seru ya mbak 😍 Semangat selalu mbak dian, biar blognya page one terus kalo udah jago SEO 😃👍

    BalasHapus
  7. Semangat belajar mba. Semoga bermanfaat ilmunya. Nanti gantian ajarin aku yaa 😆

    BalasHapus
  8. ternyata banyak juga ya hal yang harus diperhatikan saat ngeblog

    BalasHapus
  9. Bahasannya menarik, jadi nambah pengetahuan tentang dunia blogging

    BalasHapus
  10. Nice, sharing ilmu lewat tulisan. Semangat mbak

    BalasHapus
  11. Baru tahu, ternyata dunia blogging nggak se simpel kelihatannya ya. Menarik banget

    BalasHapus
  12. Pantesan blogger tu keren-keren ya, bisa menyampaikan maksud dan opini lewat tulisan. Ternyata emang gak cuma asal nulis, ada yang perlu diperhatikan. Mantap

    BalasHapus
  13. Jadi tau tentang dunia blogging lebih dalam. Seru juga ya 😆

    BalasHapus
  14. Wah, nemu juga tips & trik dibalik tulisan-tulisan blogger yang bagus-bagus itu. Makasih sharingnya ya mba 🥰

    BalasHapus
  15. Menarik sekali ya. Ayo semangat kursusnya mba. Nanti sharing ilmu lagi

    BalasHapus
  16. Bermanfaat banget bahasannya mba. Jadi ikut belajar nih

    BalasHapus
  17. Seru dan menantang juga ya kelas online nya. Yuk bisa yuk lulus 2 minggu lagi. Semangat mba

    BalasHapus
  18. Mantap ilmunya mbak. Semangat belajarnya ya

    BalasHapus
  19. Bagus mba. Bermanfaat sekali tulisannya. Semangat belajarnya ya

    BalasHapus
  20. Bagus, menarik dan nambah ilmu 👍

    BalasHapus
  21. Mantap ilmunya mbak. Semangat belajarnya ya

    BalasHapus
  22. Terima kasih sharingnya mba, jadi pengen ikutan belajar. Masih nggak paham seo. Mantab ini materinya

    BalasHapus
  23. Wah baru tahu ternyata belajar ngeblog harus tahu ilmunya ya, keren kak. Besok sharing yaaaa

    BalasHapus
  24. Kapan kelasnya ada lagi, mau ikutan juga belajar seo. Sharing-sharing ya mba

    BalasHapus
  25. Semangat belajar mbak, bisa up grade ilmu. Nanti aku dibocori kisi kisi yak wkkaaka

    BalasHapus
  26. Keren materinya, jangan lupa sharing ya. Semangat belajar mbak

    BalasHapus
  27. Sumpah mbak dapet ilmu baru, makasih insightnya ya. Semoga lancar belajarnya

    BalasHapus
  28. Ternyata ada kelas ini ya, bermanfaat sekali. Semangat mba semoga lancar sinaunya

    BalasHapus
  29. Ooo ternyata lagi sibuk belajar tho mbak, semangat ya. Terus mengembangkan diri lancar selalu

    BalasHapus
  30. Ciamik, semoga sukses jadi blogger. Semangat belajar jangan menyerah ya... mantap ilmunya

    BalasHapus
  31. Salut rajin belajar, upgrade skill ya mba.. boleh dong kapan-kapan diajari ngeblog

    BalasHapus
  32. Semangat belajar mba, semoga materinya bermanfaat. Nanti kalo aku mau tanya-tanya tinggal ke mbak dian aja ya.. hehehe

    BalasHapus