Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Ada di Tatasnacks

Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta

Menikmati Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta kini bukan khayalan.  Serius ada di Jakarta? Yes! Segirang itu seorang kawan yang tinggal di Jakarta mendapati kabar ini, saya bisa merasakan meski lewat chat. Berterimakasihlah pada Tatasnacks yang sudah membawa keunikan oleh-oleh khas Jogja ini ke Jakarta.

Perkenalan pertama  saya dengan snack kekinian ini ini terjadi beberapa tahun silam saat teman-teman dari kantor pusat di Jakarta melakukan kunjungan kerja di Jogja dan memesan bakpia sebagai buah tangan. Saya ingat betul mereka memesan sampai puluhan kotak dan  kami di kantor wilayah kebagian mencicipinya termasuk saya.

Sejak saat itu bakpia kukus ini selalu tidak pernah absen dari daftar oleh-oleh. Kini teman-teman kantor saya di Kantor Pusat Jakarta tak perlu berpayah-payah membeli ke Jogja karena bisa mendapatkan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta.

Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Timur

Sejarah Singkat Bakpia di Jogja

Bakpia, oleh-oleh khas Jogja ini sudah jadi favorit wisatawan. Ada yang belum pernah mencicipi bakpia? Atau malah nggak tahu bakpia itu apa? Baiklah, saya ceritakan sedikit tentang bakpia. Kudapan ini menurut Wikipedia berasal dari Fujian (Tiongkok), hopia atau bakpia adalah kue pastry (gulungan tepung panggang dengan berbagai isi. Adapula yang menyebutnya ‘Tou Luk Pia’  yang berarti kue pia (kue) kacang hijau. 

Kulit bakpia terbuat dari tepung terigu,  campuran gula dan garam   yang dibuat adonan, kulit diberi isian dan dibentuk bulat pipih kemudian dipanggang. Di negeri asalnya bakpia berukuran lebih besar dan berisi daging sedangkan di sini bakpia pada umumnya berisi kacang hijau.

Kapan bakpia mulai ada di Jogja? Dilansir dari Wikipedia, sejarah bakpia ada di Jogja sejak tahun 1930, para pedagang Tionghoa yang tinggal di Jogja lah yang membawa makanan ini. Awalnya sebagai kudapan bukan untuk diproduksi/dijual. Kira-kira sepuluh tahun kemudian barulah bakpia mulai dikenal masyarakat Jogja, tentu saja cita rasanya menyesuaikan orang Jogja dan mengganti isian daging dengan kacang hijau. 

Adalah Liem Bok Sing, seorang pedagang Tionghoa, berhasil mengkreasikan resep bakpia di tahun 1948. Di tempat tinggalnya yang berada di daerah Pathuk, Pak Liem memulai usaha bakpia. Tahun demi tahun usahanya berkembang pesat, resep baru bakpia dengan kulit tipis, dipanggang agak gosong dengan isian kacang hijau ini sangat cocok dengan selera warga Jogja. 

Tidak hanya wong Jogja asli, wisatawan yang sedang berkunjung menyukai juga kudapan ini. Permintaan bakpia menjadi tinggi, akhirnya banyak bermunculan usaha-usaha bakpia di kawasan Pathuk (Pathok). Sejak saat itu bakpia  dinobatkan sebagai  oleh-oleh khas Jogja. Sampai sekarang Pathuk dikenal sebagai kampung bakpia karena merupakan cikal bakal bakpia di Jogja sekaligus menjadi sentra produsen oleh-oleh bakpia. 

Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Barat

Inovasi Bakpia Jogja

Dari sejak ada di Jogja sampai dengan sekarang bakpia sendiri mengalami perubahan baik isian maupun kulit. Awalnya bakpia berkulit tebal dan berisi daging, bertransformasi menjadi kulit tipis dan berisi kacang hijau seperti yang kita kenal sekarang ini. Bakpia tidak hanya berisi kacang hijau,  kini semakin beragam antara lain kumbu hitam, nanas, strawberry, keju, duren, coklat, kacang merah dan lain-lain. 

Sementara varian bakpia juga bertambah dengan hadirnya bakpia kering. Bakpia jenis ini kulitnya lebih tipis dan dibuat seperti bertumpuk (layer). Ternyata bakpia varian ini juga banyak disukai oleh pecinta bakpia. Isiannya pun juga bervariasi tidak hanya kacang hijau ada juga coklat dan keju. 

Kemudian dua jenis bakpia inilah yang dikenal di Jogja  yaitu bakpia basah/biasa (sebutan untuk bakpia versi bakpia Pathuk) dan bakpia kering. Bakpia kering lebih tahan lama daripada bakpia biasa, jika bakpia basah/biasa hanya bertahan 5 hari sementara bakpia kering tahan selama 10 hari.

Bakpia kukus mulai diperkenalkan tahun 2017, mengusung konsep kekinian bakpia benar-benar bermetamorfosis. Ajaibnya bakpia ini sangat menarik dan langsung punya mendapatkan tempat di hati para wisatawan yang berkunjung di Jogja. Bakpia Kukus Tugu Jogja menjadi pelopor bakpia kukus di Jogja.

Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Selatan

Bakpia Kukus Tugu Jogja, Bakpia Kekinian 

Berbeda dengan dua varian bakpia yang sudah hadir sebelumnya bakpia kukus menyajikan proses yang berbeda. Diproses melalui pengukusan sehingga menghasilkan bakpia dengan perpaduan lembut dan empuk pada tekstur kulit luar serta variasi isi yang langsung meleleh saat digigit.

Pemilihan bahan baku merupakan hal utama guna menjadikan Bakpia Tugu Jogja semakin istimewa. Bakpia Kukus ini berbahan dasar telur, terigu, susu dan bahan-bahan lainnya. Proses pembuatan dimulai dari mencampur seluruh bahan dasar menjadi adonan dan dimasukkan dalam cetakan khusus, lalu dikukus. 

Selain cara memasaknya yang unik dan beda, Bakpia Kukus Tugu Jogja memiliki bentuk kue yang menarik, tekstur rasa yang lembut serta isian berbentuk pasta yang nikmat dan bervariasi seperti coklat, keju , kacang hijau, strawberry, brownies coklat dan brownies keju. 

Ada dua varian kulit terluar yaitu yakni original dan brownies. Bakpia original dengan kulit terluar berwarna putih memiliki aroma vanilla. Sedangkan varian brownies kulit terluarnya  berwarna cokelat  dengan wangi cokelat yang menggugah selera. Masa penyimpanan Bakpia Kukus kira-kira 7 hari di suhu ruang, jika disimpan di chiller atau kulkas bisa tahan lebih lama. 

Bakpia Kukus Tugu Jogja berupaya menjaga higenitas mulai dari proses pembuatan hingga pengepakan, setiap bakpia dikemas satu per satu agar higenis dan tidak mudah rusak.  Mengusung konsep kekinian dan modern Bakpia Kukus Tugu Jogja mampu membuat para pelanggan antri. Harga sekotak bakpia bervariasi mulai dari 20 ribu tergantung jumlah, isi, varian dan pilihan rasanya.

Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Pusat


Cara Mendapatkan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta

Agak sedih mendengar kabar seorang kawan lama membatalkan rencana liburannya di Jogja akhir tahun kemarin. Ya tapi mau gimana lagi kan ya? Akhirnya meet up kecil-kecilan digantikan dengan video call dari rumah masing-masing. Sebenarnya sih untuk komunikasi lancar berkat teknologi. Namun ada “feel” yang tidak bisa digantikan seperti jalan kaki menyusuri Malioboro atau sekadar makan di lesehan. 

“Payah nih, liburan cancel tapi oleh-olehnya nggak bisa di cancel,” Dia memulai curhatannya sesaat setelah saya menyentuh tombol hijau di layar gawai.  Untung dia langsung ingat order ke Tatasnacks via wa di 081398915391. Sebenarnya bisa dikontak melalui instragram juga tetapi karena  dia sudah menyimpan no kontaknya memesan lewat wa lebih praktis.

Saya membiarkan dia menyelesaikan transaksinya. Beberapa menit kemudian transaksi selesai dan kak min sudah membagikan lokasi COD. “Bakpia Kukus Tugu Jogjanya tinggal diambil,” katanya sambil menunjukkan dua jempol tangannya dan tersenyum lebar. Widih segampang dan secepat itu pesan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta, urusan oleh-oleh yang tadi membuatnya galau terselesaikan berkat Tatasnacks.

Yup! Buat teman-teman yang tinggal di Jogja atau sedang traveling di Jogja, kue khas Jogja ini tentu saja mudah didapatkan. Hampir di setiap sudut Jogja bisa ditemukan gerai/toko yang menjual bakpia oleh-oleh khas Jogja ini, untuk yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa membeli di Tatasnacks. 
 
Bakpia mania bisa langsung melakukan pemesanan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta secara COD via WA seperti yang teman saya lakukan. Tatasnacks juga hadir market place antara lain Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau bisa mengirimkan pesan melalui Instagram @tatasnacks. 

Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Utara

Kesimpulan

Senang ya sekarang sudah tidak perlu lagi repot-repot membawa oleh-oleh saat pulang liburan. Maklum lah ya, liburan bisa jadi dilema gara-gara oleh-oleh. Bawa sedikit salah, bawa banyak repot. Kebayang serempong apa urusan oleh-oleh kalau kita traveling sendiri. 

Masak pergi Cuma bawa satu tas eh pulangnya nambah tentengan tas oleh-oleh. Kalau naik kendaraan pribadi sih oke- oke aja, lha kalau pulangnya naik pesawat? Hehehe. Cuman kalau nggak bawa bisa-bisa jadi bahan omongan tujuh hari tujuh malam, haduh duh. 

Solusinya satu, order aja oleh-oleh yang dibutuhkan di Tatasnacks. Melalui penjualan online Tatasnacks, pecinta bakpia bisa menjangkau Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Utara, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Selatan, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Pusat, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Barat, Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Timur. Sudah tidak ada lagi pulang bawa tentengan oleh-oleh, semuanya tinggal dikirim oleh Tatasnacks ke rumah masing-masih. Bagaimana mudah kan untuk mendapatkan Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta?



klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

33 komentar untuk "Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta Ada di Tatasnacks "

  1. Ntr mau cek2 websiteny, kira2 jual oleh2 Jogja yang lain, yg aku suka ga yaaa ... Kalo bakpia tugu ini aku udh cobain, tapi bukan favorit, soalnya mirip bolu, dan aku ga terlalu doyan bolu 🤣. Yg rasa keju lumayan. Ini kalo temen kantor balik dr Jogja, yg dibawa ini Mulu soalnya. Nah kalo bakpia yg model lama, aku cuma suka yg Kurnia Sari mba. Kalo yg lainnya ga doyan. Cuma kalo disuruh pilih enaakan yg tugu atau yg lama, aku milih yg tugu sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang bakpia tuh favorit bnget buat oleh-oleh. Samaan mbak suka yg rasa keju juga

      Hapus
  2. Aku bacanya sambil nelen liur, mbaa 😅
    Waktu aku ke Jogja, bakpia kukus belum ada 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kode nih, kapan ke Jogja lagi 😄😄😄

      Hapus
  3. Aku bacanya sambil nelen liur, mbaa 😅
    Waktu aku ke Jogja, bakpia kukus belum ada 😭

    BalasHapus
  4. Jadi mupeng sama varian brownies keju 😀 andai di Malang ada outletnyaaa... auto meluncur berdua sama suami, secara suami juga si bakpia lover 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa order online kok mb, hayuk sini kalo mau mluncur ke Jogja 😁

      Hapus
  5. Bakpia kukus tugu jogja emang juara....yummmyyyy abis. Oleh-oleh wajib kalau ke jogja, tapi sekarang enggak usah jauh-jauh orang batavia kalau mau menikmatinya. Terimakasih infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, iya udah gampang cari Bakpia Kukus Tugu di Jakarta 👍

      Hapus
  6. Yup!! Di seluruh penjuru kota jogja Bakpua sangat mudah dicari. Saya orang Jogja, ada yang mau order lewat saya? Eh, sudah ada Tatasnacks ya. Lebih mudah dan praktis.😄

    BalasHapus
  7. Iyes mb, ada Tatasnacks mudah dan praktis 😁

    BalasHapus
  8. wah oleh-oleh kesukaan dari Jogja, dulu waktu tinggal di Jogja alwasy kalau pulang bawa ini karena nyokap suka banget. sekarang udah lama ga ke Jogja, tapi dengan mudahnya ya bisa pesan di Tatasnaacks Jakarta ya, wah senangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bisa pesen di Tatasnacks mba, tetep bisa kangen-kangenan sama bakpia kukus meski gak ke Jogja 😊

      Hapus
  9. Asiiik, bakpia mulai melebarkan sayap ke penjuru Indonesia nih. Bentar lagi mendunia 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dongs, amin amin semoga kuliner Indonesia bisa dikenal masyarakat dunia ya 🥰

      Hapus
  10. Lama nggak ke jogja kangen bakpia. Aku bisa chat adik nih yg di jakarta kalau dia kangen camilan jogja nih terima kasih infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kak, iya tinggal chat jg ke no wa nya Tatasnacks langsung nyampe depan rumah deh si bakpia ☺️

      Hapus
  11. Inovasinya luar biasa. Jogja memang istimewa

    BalasHapus
  12. ya ampun, udah lama banget nggak makan bakpia. Jadi kangeeeennn, dan ini ada varain bakpia kukus? baru tau saya mba, jadi penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sok cobain mba biar kagak penasaran 😄😄😄

      Hapus
  13. Tiap liat bakpia selalu membatin, kok gosong, ya. 😅 Ternyata itu memang disengaja. Baru tahu saya. Untuk yang bakpia kukus ini belum pernah mencicipi. Kelihatannya enak nih yang variant brownisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba pas proses pembuatan, wangi gosongnya menggugah selera. Cicip mbak, pasti nagih kalo kata orang Jawa marai tuman ehehhehe 😅

      Hapus
  14. Bakpia kukus tugu jogja kesukaan bangets. Mungkin saking rasanya yg unik, baim wong juga buat bakpia sejenis, ya, brand nya pikacu, kadang kloga tugu, pikacu jadi alternatif pilihan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favorit emang Bakpia Kukus Tugu Jogja, wuenaak 👍

      Hapus
  15. Aku pernah beli bakpia kukus tugu ini. Enaaak... Anakku semua suka. Jadi abisnya cepet hehehe

    BalasHapus
  16. Kesukaanku nih bakpia kukus, varian kejunya lezatos. Bakpia Kukus Tugu Jogja di Jakarta bisa dipesen di Tatasnacks ya, pas nih lagi kangen bakpia, order ah

    BalasHapus
  17. Wiwin | pratiwanggini.net8 Februari 2022 22.12

    Aku baru ngerasain yang original isi keju dan isi cokelat. Kayaknya yang varian brownies juga wajib dicobain nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib mba, enak yg varian brownies keju. Aku jg pengen coba yang varian pandan sepertinya mantul juga 😁

      Hapus
  18. Belum nyobain yang varian brownies. Kayaknya mantab juga ya rasanya...

    BalasHapus
  19. Mantabs yg brownies keju... 😍😍😍

    BalasHapus