Don’t Cancel Your Trip, Postpone It


Hari ke sekian karantina mandiri
Seperti tahun-tahun sebelumnya, di awal tahun 2020, saya punya “kebiasaan aneh” cari tiket, mana yang kira-kira promo. Dengan keputusan sudah tidak terjebak di kantor sejak akhir tahun kemaren, itu artimmya saya punya waktu yang sangat fleksibel untuk traveling kali ini. Rencananya saya akan menuntaskan negara ASEAN di tahun 2020. Berangkat sebelum puasa, artinya di bulan April ini sebelum tanggal 24, tujuan saya Brunei Darussalam dan Malaysia . Tidak perlu banyak waktu dalam kurang lebih dua hari saja budgeting dan pencairan tiket berhasil. 
Huft (menghela nafas panjang)
Untunglah saya tidak gercep untuk booking tiket dan hotel, apa jadinya jika sudah. Absolutely canceled. Dengan situasi seperti sekarang, tidak ada yang tahu kapan dunia membaik, jika kita adalah manusia yang hanya bisa berencana maka kita hanya bisa berandai-andai liburan. Semoga pandemic coronavirus ini segera usai. Ya sudah, kegiatan membooking tiket terpaksa harus diganti dengan membuka file-file lama foto-foto liburan.
Huuuufffttt (menghela nafas sangat panjang)
Viet Nam

Semenjak virus Covid-19 dinyatakan muncul pertama kali di kota Wuhan, Cina, saya sempat berencana untuk liburan akhir tahun 2020 nanti ke Tembok Besar. Konon, saya pernah baca di sebuah postingan Instagram jika Great Wall China (Tembok Besar Cina) adalah salah satu bangunan yang akan musnah dalam beberapa ratus tahun ke depan. Musnah/hilangnya bangunan ini karena proses alam dan kondisi bangunan itu sendiri. Padahal cita-cita terbesar saya bisa menginjakkan kaki ke satu-satunya bangunan di bumi yang dapat di lihat dari bulan.  
Jangankan menginjakkan kaki ke Tembok Besar Cina, menginjakan kaki ke luar rumah saya tidak boleh. Kebijakan pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membawa dampak yang cukup signifikan, apalagi dengan mobilitas masyarakat yang sedemikian riuh. Apalagi urusan traveling, sementara ini di offkan dulu. Pilihannya yang stay at home dan melakukan traveling online. Buat yang masih beruntung tidak kehilangan pekerjaan, justru ini adalah waktu yang tepat untuk menambah budget traveling.
Kenapa? Karena dengan di rumah saja, tidak ada uang nonton di café, nontong film, uang nongkrong. Jadi budget self entertaining tersebut bisa dong masuk ke budger tambahan traveling. Siapa tau setelah pageblug corona ini berakhir rencana traveling yang tadi hanya ke Brunei dan Cina, bisa dapat tambahan budget buat ke Turki. Duh nggak sabar rasanya bisa sibuk lagi booking hotel, cari tiket pesawat murah. Jangan batalin liburan kalian ya, tunda aja. Save tourism, kita bisa!!!

Salam sehat!!!






Komentar

Postingan Populer