Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Aplikasi Editor untuk Content Creator Pemula, Ampuh Datangkan Cuan

aplikasi edit foto dan video untuk content creator pemula


Content creator dan internet dua hal yang tak terpisahkan. Demi memproduksi sebuah konten yang menarik seorang content creator membutuhkan internet. Tidak salah jika pilihan internet provider yang mumpuni jatuh kepada IndiHome dari Telkom Indonesia. 

Apalagi pekerjaan content creator boleh dikatakan 100 % bergantung pada koneksi internet. Mulai dari berselancar di dunia maya, mencari ide, menulis script, mengedit video atau foto dan mengunggahnya ke media sosial. 

Agar menarik viewers konten harus unik tetapi relevan sehingga banyak orang yang merasa relate dengan konten yang dibuat. Maka dari itu content creator dituntut untuk membuat konten yang berkualitas. Penguasaan SEO, teknik copy writing dan content writing, penguasaan fotografi dan videografi serta kemampuan editing

Rekomendasi Aplikasi Editor Favorit untuk Membuat Konten Menarik 

Dunia digital memudahkan semua orang. Untuk mengemas konten menjadi lebih menarik diperlukan ketrampilan mengedit. Konten editing diperlukan untuk membuat konten yang dibuat sudah sesuai untuk dipublikasikan dan lebih menarik. Untuk itu kita memerlukan bantuan beberapa aplikasi untuk mempercantik foto atau video sebelum diunggah ke media sosial.

Selain didukung oleh aplikasi yang yahud koneksi internet harus lancar. IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi internet provider andalan yang punya jaringan kuat dan aman. Dengan kuota unlimited mulai dari 200 ribuan bisa edit foto dan video tanpa nge-lag di rumah.

Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi edit foto dan video favorit untuk membuat konten kreatif bagi content creator pemula

1. Canva

Siapa tidak kenal Canva? Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis andalan para content creator yang mudah digunakan. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kemampuan mendesain. Canva menyediakan berbagai macam template menarik untuk tiap konten di berbagai platform media sosial.

Ukuran tiap-tiap template pun sudah disesuaikan dengan platform media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube. Jika menginginkan fasilitas yang lebih premium boleh saja meng-upgrade dengan berlangganan setiap bulan

2. Adobe Lightroom

Aplikasi ini cocok untuk konten fotografi. Adobe Lightroom memungkinkan kita mengedit berbagai macam elemen foto seperti pencahayaan, efek menajamkan foto dan lainnya. 

Bahkan disediakan fitur preset untuk mengedit video secara instan. Sayangnya beberapa fitur andalan dikunci karena berbayar. 

Sebagai pemula fasilitas Adobe Lightroom gratis yang disediakan sudah lebih dari cukup untuk mengedit foto. Hasil editan layaknya dipotret menggunakan kamera profesional 

3. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi foto editor yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi gratis ini menyediakan 29 tools dan filter untuk mengedit foto. Hasil editannya pun tidak main-main. Fiturnya sederhana tetapi lengkap, menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Tools edit foto Snapseed yang paling favorit digunakan adalah tune image untuk mengatur pencahayaan dasar foto, details, tonal contrast, vignette dan portrait. Untuk foto yang perlu sedikit sentuhan untuk membuat lebih estetik, aplikasi ini wajib banget diinstal. 

4. CapCut

Dikembangkan oleh Bytedance yang merupakan induk perusahaan TikTok, Capcut termasuk aplikasi editor video dan pembuat video gratis yang paling banyak direkomenasikan. Aplikasi ini mudah, simple dan banyak pilihan musik yang langsung terhubung dengan TikTok.  

Dengan aplikasi ini bisa menambahkan tulisan ke video, mengganti background video, menambah audio seperti lagu atau voice over. Untuk video editing Capcut menyediakan beragam efek transisi, filter, audio dan resolusi video. Berita baiknya Capcut bisa diinstal di komputer 

5. VN Video Editor

VN Video Editor adalah aplikasi pengeditan video yang mudah digunakan dan gratis. Untuk mempercantik video bisa diedit dengan menambahkan teks,musik, stiker, background, filter dan efek. 

Salah satu fitur yang penting dalam aplikasi ini adalah fitur yang dapat menstabilkan video agar tidak goyang. Ini penting karena umumnya hampir semua semua video yang diambil melalui gawai pasti goyang sehingga berpengaruh terhadap kualitas video terutama kenyamanan penonton. 

Hasil video yang diedit menggunakan VN Video Editor bagus dan tanpa watermark. VN Video Editor dapat diinstal pada komputer. Pemula yang mulai belajar mengedit video cocok menggunakan aplikasi ini.

rekomendasi aplikasi favorit untuk content creator pemula

Itulah 5 aplikasi favorit foto dan video editor yang direkomendasikan. Sebagai content creator pemula mulailah dengan konten yang sederhana atau yang dekat dengan keseharian. Buat semenarik mungkin dan dikemas secara estetik dengan menggunakan salah satu aplikasi edit foto/video di atas. 

Kalau perlu tambahkan teks dengan teknik copy writing atau yang relate dengan kehidupan. Terus berlatih agar makin terampil menggunakan aplikasi tersebut dan menghasilkan konten yang berkualitas. Siap-siap jika nanti kontennya ditonton puluhan ribu viewers.

Kompetisi Content Creator IndiHome

Paket internet unlimited IndiHome

Berpartisipasi dalam sebuah kompetisi secara tidak langsung memberikan tantangan untuk membuat konten yang berkualitas. Sekaligus menjadi salah satu cara langkah awal mendapatkan uang sebagai content creator pemula

Kebetulan IndiHome mengadakan Content Creator Competition bertema Berkonten Ria Bersama IndiHome yang dapat diikuti oleh content creator di seluruh Indonesia. Sebagai salah satu penyedia internet provider terpercaya Telkom Indonesia melalui IndiHome benar-benar memberikan dukungan penuh pada content creator Indonesia melalui kompetisi foto dan video.

Periode lombanya ditutup 13 Mei 2023. Ada dua kategori yang bisa diikuti yaitu Lomba Karya Tulis dan meliputi Blog Competition dan Journalist Competition dan Lomba Karya Visual meliputi Photo Competition dan Video Competiton. 

Pemenang lomba konten video pendek akan mendapatkan Rp. 12.500.000 untuk juara I, Rp. 10.000.000 untuk juara II, Rp. 5.000.000 dan juara harapan III masing-masing Rp. 2.500.000 untuk tiga orang pemenang. 

Sedangkan lomba konten foto akan mendapatkan hadiah uang senilai Rp. 7.500.000  untuk juara I, Rp. 5.000.000 untuk juara II, Rp. 2.500.000 untuk juara tiga dan masing-masing Rp. 1.000.000 untuk 3 orang juara harapan. 

Penutup

Content creator pemula yang memulai dari nol sangat terbantu dengan adanya aplikasi foto editor dan video editor. Apalagi profesi content creator membuka peluang karir baru di dunia digital bagi orang-orang untuk menyampaikan ide-ide kreatifnya. 

Tidak ada batasan umur, siapa saja bisa menjadi content creator asalkan mau belajar dan memiliki koneksi internet. Beruntung sekali di Indonesia ada Telkom Indonesia, internet provider yang sinyalnya dapat menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Pakai IndiHome cari konten di mana pun, edit dan posting konten kapan pun koneksi internet lancar Jaya. 


klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Aplikasi Editor untuk Content Creator Pemula, Ampuh Datangkan Cuan"