Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lika Liku Alih Profesi Menjadi Blogger

lika liku alih profesi menjadi blogger

Ingin menjadi seorang blogger? Cuma butuh dua modal yaitu bisa menulis dan internet provider yang handal. Soal jaringan internet sih tidak masalah selama ada IndiHome dari Telkom Indonesia. Koneksi internet dipastikan aman, kencang dan stabil.

Mengenal Profesi Blogger

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya apa itu blogger? Blogger adalah seseorang yang mengelola blog. Di dalam blog tersebut si penulis berbagi pandangan atau pengalaman tentang suatu topik kepada audiens dalam hal ini pembaca blog. 

Lebih lanjut, dilansir dari Wikipedia narablog atau yang dikenal dengan sebutan blogger adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki sebuah blog serta menyunting isi blog tersebut secara berkala maupun tidak berkala. 

Blog sendiri merupakan konten yang berupa catatan harian atau jurnal pribadi yang dipublikasikan secara online melalui website sehingga bisa dibaca oleh siapa saja. Aktivitas utama seorang blogger adalah menulis. 

Bentuk tulisan dapat berupa narasi, wacana maupun informasi berdasarkan pengalaman si blogger. Dalam sebuah blog selain berisi tulisan/artikel juga ada gambar atau video yang menunjang atau melengkapi isi tulisan. Ilustrasi foto/gambar/video membuat pembaca lebih mudah memahami dan mendapatkan informasi detil mengenai sebuah topik bahasan. 

Blog dibuat sebagai media publikasi. Narablog biasanya tidak hanya memiliki satu blog, beberapa blog lainnya digunakan untuk aktivitas yang bernilai profit. Saya menyukai kegiatan blogging ini karena dapat menyalurkan aspirasi, membangun branding, mengasah skill menulis dan menghasilkan uang.

Langkah Awal Menjadi Blogger

Perkenalan awal saya dengan dunia ngeblog juga tanpa sengaja. Saat itu hanya ingin berbagi cerita seputar pengalaman travelling. Saat pulang travelling selain ditagih oleh-oleh saya sering dihadapkan pada banyak pertanyaan. Entah itu bujet perjalanan, harga tiket, fasilitas hotel atau kegiatan apa saja yang dilakukan. 

Lalu saya berpikir daripada mengulang cerita yang sama bukankah lebih baik dibagikan melalui tulisan? Tahun 2017 saya membuat blog pribadi. Saat itu yang saya lakukan hanya menulis, mengunggah tulisan di blog selesai. Segampang itu.  

Ternyata ngeblog tidak sesederhana itu lho. Saya pun baru mengetahuinya saat mulai masuk ke komunitas-komunitas blogger dan berkenalan dengan teman-teman blogger. Sejak itulah satu per satu keruwetan dimulai. 

Mulai memilih platform blog yang cocok, menulis konten sampai memikirkan bagaimana caranya tulisan dibaca banyak orang. Tidak selesai sampai di situ, untuk menambah ilmu saya ikut beberapa kelas blogger. Dari situ saya tahu blogger harus belajar tentang teknis blog, coding, SEO, copy writing, story telling dan lain-lain. 

Dunia blogger ini menarik bagi saya dan akhirnya saya tekuni sampai sekarang. Sebelum memulai perjalanan sebagai seorang blogger ada tiga langkah awal yang harus dipersiapkan yaitu:

1. Menentukan niche blog

Pertama kali yang perlu dipikirkan saat membuat blog adalah menentukan niche blog yang merupakan identitas atau ciri khas blog. Tema blog inilah yang akan menjadi guide line saya dalam menulis konten agar konsisten. 

Jika bingung, menentukan topik konten blog bisa dengan mencari tahu apa yang disukai. Menulis sesuatu yang paling disukai seperti hobi atau pengalaman pribadi pasti lebih menyenangkan. 

Sepuluh topik blog terpopuler berikut  bisa dipilih untuk dijadikan niche blog, di antaranya kuliner, fashion and beauty, travel, gaya hidup, parenting, gaming, internet & teknologi, olahraga & kesehatan, keuangan dan personal life. Sebuah blog bisa saja memiliki lebih dari satu topik asalkan rajin mengisi konten. 

2. Memilih platform blog 

Setelah menentukan niche blog langkah berikutnya adalah membuat blog. Platform situs blog yang populer digunakan saat ini adalah blogger dan wordpress. Awalnya saya membuat blog di wordpress secara gratis. 

Bila masih dalam level pemula platform gratis ini cocok karena sederhana dan mudah digunakan. Sayangnya kustomisasi sangat terbatas. Bila ingin tampilan blog lebih professional bisa dengan menjadikannya blog TLD (Top Level Domain) dan menggunakan platform self-hosted

Untuk membuat blog TLD harus membayar sejumlah tertentu setiap tahun. Biayanya tergolong tidak murah, jadi sebaiknya dilakukan ketika sudah konsisten menulis atau sudah mendapatkan penghasilan dari ngeblog.

Bila sudah benar-benar serius bisa beralih ke platform selfhosted yang memungkinkan setting blog, memilih domain, mengatur plug in dan lain-lain. Pada proses ini pastikan punya kuota yang cukup. Nggak asik banget kan kalau lagi otak-atik blog tiba-tiba harus kehabisan kuota.

Dengan jaringan fiber optik yang tersebar di seluruh Indonesia IndiHome menawarkan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps. Tidak heran akses internet IndiHome cepat, lebih stabil dan tahan di segala cuaca. 

Aktivitas ngeblog dan lainnya seperti bekerja, belajar atau belanja online hingga bermain games di rumah lebih praktis dan nyaman dengan memilih IndiHome, internet provider andalan dari Telkom Indonesia.

3. Menulis Konten yang Bermanfaat dan Berkualitas

Setelah persiapan teknis pembuatan blog selesai saatnya mengisi blog dengan konten sesuai dengan niche yang telah ditentukan. Konten yang ditulis haruslah bermanfaat dan berkualitas.  

Konten yang berkualitas akan mudah ditemukan oleh pembaca. Alasan inilah yang mengharuskan blogger mempelajari SEO alias Search Engine Optimization agar website/blog masuk pada halaman pencarian Google. 

Mau tidak mau saya harus belajar SEO, setidaknya tahu sedikit ilmu SEO. Lalu saya mengikuti beberapa kelas SEO secara online. Lagi-lagi ketangguhan sinyal internet provider diuji. Untungnya koneksi IndiHome stabil, webinar lancar tanpa kendala koneksi.

Suatu konten akan membawa manfaat jika mudah dipahami dan dimengerti serta bisa dibagikan ke orang lain. Saya menyukai kalimat yang singkat, padat, jelas dan menghindari paragraf yang terlalu panjang.  

Agar jelas dibaca layout atau tampilan blog juga sangat berpengaruh. Pengaturan tampilan yang rapi membuat pengunjung merasa betah. Mood yang baik akan meninggalkan kesan pada konten yang ditulis. Selesai mengunggah tulisan, jangan lupa mempromosikan blog di semua media sosial yang dimiliki. 

Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog

Menulis blog bukan hal yang sia-sia. Berawal dari  sekedar hobi, blog ternyata bisa mendatangkan cuan sebagai tambahan penghasilan. Blog yang dikelola secara serius bisa menjadi sumber pendapatan dan menjadi alasan utama beralih profesi menjadi blogger professional. 

alih profesi menjadi blogger profesional

Ada berbagai macam pilihan untuk mendapatkan uang dari blog:

1. Google AdSense

Google AdSense merupakan salah satu advertising networking yang paling banyak digunakan karena skema revenue (keuntungan) jelas, memberikan laporan statistik yang lengkap dan menampilkan iklan yang relevan. 

Keuntungan bagi blogger diperoleh melalui banyaknya user yang mengklik iklan tersebut dan seberapa banyak iklan dilihat. Sebuah blog bisa didaftarkan ke Google Adsense jika telah memenuhi beberapa kriteria di antaranya pemilik blog sudah berusia minimal 18 tahun, umur blog minimal 1 tahun, memiliki artikel yang diposting secara konsisten yang dikunjungi rata-rata 100 orang per hari. 

2. Endorsement

Suatu bentuk kerja sama antara blogger dengan perusahaan di mana blogger dikirimi produk atau beraktivitas agar memiliki pengalaman dengan produk/brand kemudian ditulis dalam bentuk konten berbayar. Bentuk konten dapat berupa review, artikel reportase atau artikel cerita sesuai dengan pengalaman atau deskripsi produk. Blogger akan mendapatkan benefit uang tunai atau produk gratis tergantung kesepakatan.

3. Afiliasi

Melalui program ini blogger biasanya memasang banner atau menulis artikel dengan  mencantumkan link afiliasi atau kode referal. Komisi diperoleh berdasarkan berapa banyak klik  atau per lead (seberapa banyak orang melakukan tindakan tertentu misalnya melakukan pembelian).

4. Menjual Produk dan Jasa

Konten blog tidak hanya berisi dengan tulisan tetapi juga bisa menawarkan jasa ke pengunjung blog misalnya jasa pembuatan website, jasa desain atau jasa artikel. Selain bekerja sama dengan perusahaan atau menawarkan jasa, kita juga dapat menghasilkan uang dari blog dengan menjual suatu produk. Misalnya menjual gamis, buku, aneka kue kering hingga alat rumah tangga.

5. Lomba Blog

Langkah terakhir untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan ikut lomba blog. Semakin sering mengikuti lomba blog mendorong tulisan semakin bagus dan berkualitas. Intinya bukan berambisi menjadi pemenang tetapi mengasah ketrampilan menulis. 

Selain itu juga membiasakan diri menulis dengan topik yang beragam. Saat mengikuti lomba blog memberikan kesempatan untuk menambah referensi tulisan dan mengenal blogger lain melalui tulisan yang diikutsertakan di perlombaan.  

IndiHome Dukung Blogger Indonesia

IndiHome memang sangat suportif terhadap profesi konten kreator khususnya blogger. Untuk memaksimalkan aktivitas blogger baik pemula atau professional Telkom Indonesia berkontribusi menyediakan layanan internet beragam dengan harga terjangkau. Salah satunya menyediakan beragam pilihan contohnya paket promo spesial IndiHome dengan kecepatan 40 Mbps dengan harga Rp. 200.000-an per bulan. 

Layanan internet IndiHome
Para blogger dapat mengikuti Content Creation Competion By IndiHome dengan tema Berkonten Ria Bersama IndiHome. Sebuah kompetisi untuk konten kreator yang berlangsung dari tanggal 13 April sampai 13 Mei 2023.

Lomba terbagi dua yaitu lomba karya tulis meliputi blog competition dan journalist competition dan lomba karya visual meliputi photo competition dan video competition. Pendaftaran dan submission karya sudah dimulai dari tanggal 26 April hingga 13 Mei 2023 nanti.

Lomba ini terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Hadiah untuk lomba konten blog yaitu juara I uang sebesar Rp. 12.500.00, juara II uang sebesar Rp. 10.000.000, juara III sebesar Rp. 5.000.000 dan juara harapan untuk tiga orang dengan hadiah uang masing-masing sebesar Rp. 2.500.000

Penutup

Blogger dan internet rasanya tidak bisa dipisahkan. Senang sekali jika aktivitas ngeblog jadi lancar karena mendapat dukungan internet provider yang terpercaya dari IndiHome Telkom Indonesia. Nah kalau koneksi stabil kayak gini sih langsung gaspol buat ikutan Content Creation Competition by IndiHome. Info selengkapnya cek aja website IndiHome. Jangan sampai kelewatan!


klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

Posting Komentar untuk " Lika Liku Alih Profesi Menjadi Blogger"