Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Casa Callisto, Homestay Private Mewah Harga Murah

pintu masuk Casa Callisto Jogja

Mendekati musim liburan pesan singkat saya selalu kebanjiran pertanyaan rekomendasi penginapan murah di Jogja dari kawan-kawan yang tinggal di luar kota. Sebenarnya bisa sih  langsung googling, tetapi kata mereka lebih afdol kalau tanya ke orang Jogja asli.

Program liburan ke Jogja ini seakan-akan sudah menjadi ssebuah agenda tahunan. Alih-alih hotel biasanya mereka lebih memilih tinggal di homestay. Kebayang kan berapa bujet yang harus disiapkan kalau menginap di hotel dengan membawa lebih dari sepuluh orang.Tinggal di homestay dirasa lebih private, bisa rame-rame dan murah.

Senin (13/03) lalu Hotelicious memboyong delapan orang teman bloggernya staycation di sebuah homestay mewah. Di tengah padatnya aktivitas, saya pikir ini saat yang tepat untuk me time sekaligus temu kangen. Maklumlah pandemi seolah menjauhkan kami dari kebersamaan. Hehehe

Staycation Perdana di Tahun 2023 Bareng Hotelicious dan Teman Blogger

Hanya berkendaraan selama delapan menit dari kawasan Tugu Yogyakarta, saya sudah sampai di Casa Callisto. Namanya langsung mengingatkan saya pada kastil-kastil di Eropa. Meskipun begitiu jika mencari alamat Casa Callisto di pencarian Google akan langsung tertuju ke Jalan Bener No 27 Yogyakarta.

Saya pun hanya mengikuti pentunjuk pada Google map menuju ke sana. Lokasinya mudah ditemukan. Begitu tiba sebuah gerbang, pagar besi menjulang tinggi menyambut saya. Seketika saya langsung merasa aman. Lingkungan di sekitar homestay juga dilengkapi dengan CCTV.

ruang tamu Casa Callisto Jogja
ruang tamu Casa Callisto

Sambil menunggu gerbang dibuka saya bisa melihat balkon  yang ada di lantai atas dan pilar bagian depan rumah. Bentuk rumahnya terasa familiar, mengingatkan saya pada tipikal rumah orang kaya di sinetron televisi. Kesan mewah memang melekat pada arsitektur rumah ini. Terlebih adanya balkon dan pilar. 

Empat orang kawan blogger sudah sampai di homestay, sedangkan saya dan seorang kawan datang berbarengan. Satu orang akan menyusul di sore hari, sementara dua yang lain datang sehabis maghrib setelah jam kantor. Begitulah malam ini hingga besok siang, selama hampir 24 jam saya akan menghabiskannya. Staycation pertama saya di tahun 2023

Homestay Mewah Harga Murah Dekat Pusat Kota

Karena harus memarkir motor, bagian pertama yang saya masuki adalah garasi. Garasinya terbilang cukup luas, perkiraan saya bisa menampung satu mobil dan 2 hingga 4 motor. Terdapat dua akses pintu dari dapur, pintu pertama mengarah ke dapur (sebelah kanan) dan pintu kedua menuju ke ruang makan (sebelah kiri). 

Ruang makan berada di belakang ruang tamu. Kedua ruang ini dipisahkan dengan pintu ala bar yang dihiasi dengan kaca patri warna-warni. Di lantai satu ini terdapat dua kamar. Satu kamar utama dengan kamar mandi dalam yang dilengkapi bathtub

kamar utama Casa Callisto
kamar utama Casa Callisto

Satu kamar lagi di sebelah kamar utama. Kamar kedua tersedia tiga tempat tidur. Fasilitas kamar mandi bersama di lantai satu memanfaatkan bagian kosong di bawah tangga. 

Lantai dua memilki tiga kamar tidur dengan satu kamar mandi bersama yang berada di antara kamar pertama dan kedua. Kamar pertama ukurannya paling besar karena ada lima tempat tidur dan memiliki dua balkon yang menghadap ke jalan raya (balkon samping) dan balkon depan.

kamar yang berukuran paling besar di lantai dua Casa Callisto
salah satu kamar yang ada di lantai dua

Kamar kedua berukuran lebih kecil dibandingkan kamar pertama, tetapi kamar ini bisa mengakses balkon samping yang menghadap ke jalan raya. Ada satu tempat tidur berukuran besar yang bisa digunakan untuk dua orang. 

Sementara itu kamar ketiga ukurannya paling kecil dibandingkan dua kamar lainnya.  Di sini juga ada satu tempat tidur. Kamar ini terasa paling tenang jauh dari jalan raya. Posisinya ada di sebelah ruang TV. 

Di ruang keluarga disediakan televisi, karpet dan balai-balai kayu untuk bersantai. Satu set kursi juga diletakkan di balkon. Balkon di ruang keluarga ini berada persis di atas pintu masuk rumah yang berada di lantai 1. 

Masing-masing kamar sudah dilengkapi dengan AC. Di ruang keluarga lantai satu dan dua disediakan standing kipas angin. Televisi juga ada di lantai satu, sangat mungkin sarapan sambil menonton TV. dapur sebenarnya jadi satu dengan ruang makan dan dipisahkan dengan mini bar. Hanya saja akses masuk satu-satunya ke dapur melalui pintu samping, melewati bagian belakang garasi.

Tersedia satu set kompor, peralatan masak dan peralatan makan. Jumlah piring, mangkok, sendok dan garpu cukup banyak untuk jumlah maksimal penghuni homestay sebanyak 14 orang. Oiya jika kalian datang lebih dari 14 orang akan dikenakan tambahan biaya untuk extra bed ya. Dan jangan khawatir jika tinggal cukup lama di sini, Casa Castillo menyediakan kulkas dan satu set lemari dapur untuk menyimpan bahan makanan atau  minuman. 

fasilitas dapur lengkap di Casa Callisto
bagian dapur Casa Callisto

Begitu sampai di meja makan saya melihat ada tiga jenis welcome snack/cemilan ringan, teh, kopi dan gula. Untuk air putih, sudah tersedia dispenser. Bagian dapurnya dilengkapi dengan kompor dan peralatan masak. Kegiatan masak memasak sangat memungkinkan. Meskipun begitu lingkungan sekitar homestay sangat ramai dengan jajanan, warung atau pusat kuliner. 

Fasilitas Bak Hotel, Seru Bisa Buat Rame-rame

Setelah berkeliling di area dalam rumah dan menyimpan barang di kamar masing-masing kami bergerak ke luar. Pandangan kami langsung dihadapkan pada rerumputan hijau di taman belakang. Terdengar suara gemerick air. Air terjun buatan berukuran mini  yang airnya mengalir ke kolam renang.

fasilitas taman di Casa Callisto
taman belakang Casa Callisto

Kami langsung membayangkan berjalan tanpa alas kaki di atas rerumputan di pagi hari. Sore ini kami lebih memilih berkumpul dan mengobrol di pinggir kolam renang. Dua kawan kami memutuskan untuk nyebur, cuaca siang menjelang sore lumayan panas dan cukup menyegarkan untuk berenang.. 

Karena kami berlima tidak bisa berenang akhirnya hanya bermain air saja dari pinggir. Sebenarnya kolam renang ini hanya berkedalaman 1,5 meter sedangkan di sebelahnya kolam renang anak.

fasilitas kolam renang di Casa Callisto

Betah kami ngobrol di sini, sambil menunggu matahari tenggelam dan waktu makan malam. Di samping kolam renang juga ada joglo gazebo. Ada juga mini lapangan basket yang dilengkapi dengan ring. Buat yang suka olah raga bisa main basket di sini.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Casa Callisto homestay baik individu atau rame-rame. Mau baca buku santai di kursi malas sekitar kolam renang, gazebo, atau duduk santai di balkon atas. Atau sekedar ngobrol santai bareng sambil nyemil snack di pinggir kolam renang. 

Sehari di Casa Castillo, Betah dan Nyaman

Selepas maghrib kami memutuskan untuk masuk ke dalam rumah. Langit mulai gelap. Nasi goreng sosis bakso, telur ceplok, lalap mentimun tomat dan kerupuk menu makan malam kami hari itu. Kami menunggu dua teman yang belum datang. Setelah formasi lengkap kami langsung bersantap malam.   

Selesai menghabiskan makan malam, kami lanjut mengobrol di meja makan. Suasana sekitar homestay sangat tenang. Karena masih ada pekerjaan saya dan tiga orang yang lain melanjutkan bekerja di kamar. Dua yang lain beristirahat di kamar masing-masing. Sementara tiga orang lainnya memilih movie time film horor di ruang keluarga lantai atas.

Hanya dalam hitungan menit, homestay yang semula penuh gelak tawa mendadak sepi digantikan oleh suara adegan film horor di lantai 2. Entahlah kenapa memilih film horor. Semuanya asyik dan tenggelam dalam kegiatan masing-masing. Malam makin larut. Semua terlelap dan terjaga keesokan paginya. 

Saya terbangun ketika seberkas sinar masuk melalui sela kaca jendela. Masih pukul 05.30 suara kendaraan dan aktivitas pagi di luar lamat-lamat terdengar. Matahari sudah terbit dan langit mulai terang. Pintu-pintu yang mengarah ke balkon dibuka, membiarkan udara pagi masuk. 

Berjemur, begitulah cara saya menyambut pagi yang cerah hari itu. Rencana awal jalan di rerumputan sebelum matahari terbit batal karena keduluan sang matahari. Ya sudah, jalan santuy aja sambil sunbathing

Hari beranjak siang. Sebelum sinar matahari semakin nylekit di kulit, kami buru-buru mencari tempat teduh. Di pinggir kolam ada gazebo mungil, kami berempat bersantai sejenak sambil ngobrol. Ya sehari yang sangat nyaman untuk quality time bareng teman seperti ini sudah cukup untuk me-recharge energi.

ruang makan Casa Castillo

Tak lama ada pesan di wag, sarapan sudah siap. Kami bergegas masuk rumah. Pagi itu kami sarapan dengan bihun, oseng tempe dan ayam goreng. Tidak ketinggalan nasi putih dan buah semangka merah tanpa biji yang tampak segar dan manis.  

Waktu benar-benar berjalan dengan cepat. Kami selesai sarapan, mandi dan lanjut berkemas-kemas. Saking betahnya sampai nggak terasa kalau kami harus check out jam 12. Setelah semua  beres dan rapi kami mengakhiri staycation dan melanjutkan aktivitas dengan perasaan bahagia.

Penutup 

Pengalaman menyenangkan menginap di Casa Castillo membuat saya tidak ragu memberi rekomendasi kepada teman-teman yang ingin berlibur ke Jogja. Harga menginap per malam Rp. 2.200.000 untuk 14 orang.  Harga yang sangat terjangkau, artinya per malam kira-kira Rp. 150.000,- an/orang. Casa Castillo menyediakan pilihan termasuk sarapan atau tanpa sarapan.

Untuk reservasi atau sekedar tanya-tanya dulu boleh banget kontak wa 081276887073. Atau langsung follow aja IG @casacallisto.homestay untuk update info terkini. Siapa tahu dapat harga promo, lumayan bisa hemat bujet kan. So udah siap liburan ke Jogja?


klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

Posting Komentar untuk "Casa Callisto, Homestay Private Mewah Harga Murah"