Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Servis Motor Berkala Bikin Nyaman Berkendara

servis motor berkala di Planet Ban bikin nyaman berkendara

Sebagai pengguna sepeda motor, saya selalu ingin kondisi motor selalu prima. Maklumlah hobi banget motoran kemana aja. Untuk rute sehari-hari memang hanya di dalam kota saja. Sesekali ke luar kota. Karena pakai  motor matic, sering khawatir kalau harus perjalanan jauh seorang diri. Takut kalau sampai kenapa-kenapa di jalan, misalnya mogok. Untuk mengantisipasi hal itu, saya cukup rajin servis motor berkala agar nyaman saat berkendara. 

Awal mula servis sempat bingung karena nggak ngerti sama sekali tentang otomotif. Beberapa kali motor mengalami kendala, membuat saya mau tidak mau belajar  dan mengenal dengan komponen penting yang ada di sepeda motor. 

Komponen Motor yang Wajib Dicek Saat Servis

Tidak perlu menunggu sampai rusak atau terjadi masalah. Saat sudah mencapai kilometer atau jangka waktu tertentu motor sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk dilakukan perawatan/check up. Berikut ini komponen sepeda motor yang harus dicek saat servis:

1. Oli Mesin

Setiap kali servis rutin pastikan mekanik untuk mengecek kondisi oli mesin. Jika sudah kotor atau sudah mencapai jarak tempuh kilometer tertentu  sebaiknya oli diganti. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Penggantian oli mesin secara rutin akan membuat mesin bekerja secara optimal.

servis motor dan ganti oli di Planet Ban
foto: planet ban.com

Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin di tiap 2.500 km. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Oli gardan atau yang lebih dikenal dengan oli gear atau oli transmisi ini memiliki peran penting khususnya bagi motor matic. Salah satu akibat tidak mengganti oli gardan, mesin akan menghasilkan suara bising karena gesekan pada semua komponen gear. Karena fungsi utama oli gardan adalah melumasi dan melancarkan kinerja gear pada CVT (Continuously Variable Transmission) atau sistem transmisi otomatis. Idealnya oli gardan diganti setiap penggunaan sejauh 8.000-10.000 km. 

3. Busi

Busi adalah bagian penting dari sepeda motor yang harus dicek oleh mekanik saat servis. Fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Busi yang kotor atau mengalami kendala akan membuat mesin tidak menyala dan wajib diganti.

4. Kampas Rem

Salah satu indikator kenyamanan berkendara adalah rem yang berfungsi dengan baik. Selain yang paling penting keaamanan dan keselamatan pengendara. Kampas rem atau break pads merupakan komponen sepeda motor yang berfungsi memperlambat dan menghentikan putaran roda. 

5. Filter Udara

Komponen motor yang perlu dicek yaitu filter udara atau saringan udara yang berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran supaya tidak ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi dan karburator. Penggantian filter udara motor matic yang direkomendasikan setiap 12.000 km – 15.000 km atau 12-15 bulan sekali. Jika filter udara motor tidak diganti maka akan menyebabkan performa motor menurun, tarikan motor berat dan konsumsi bahan bakar boros.

6. Aki atau Accu

Aki termasuk komponen utama dalam kendaraan bermotor. Fungsi aki sebagai sumber listrik, misalnya untuk menyalakan starter elektrik. Tegangan aki dikatakan baik berkisar antara 12,3-12,6 volt dalam kondisi mesin mati dan 13,7-14,2 ketika mesin menyala. Apabila saat dicek tegangan aki tidak menunjukkan angka tersebut ada kemungkinan terjadi kebocoran atau kondisi terminal berkarat sehingga perlu diganti.

7. Ban

Kondisi ban gundul sangat membahayakan keselamatan pengguna motor. Karena itu selain tekanan ban, kondisi keseluruhan ban juga harus dicek. Pemeriksaan ban secara berkala saat servis akan membuat motor nyaman saat dikendarai. 

8. Servis Tune-up motor rutin 

Berbeda dengan servis biasa, servis tune-up lebih fokus memeriksa semua komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Misalnya penggantian oli mesin, oli gardan dan penggantian sparepart jika diperlukan. Biasanya mekanik akan memberitahu sebelum melakukan tindakan, jika konsumen setuju baru dilakukan perbaikan atau penggantian.

Memilih Bengkel Servis Motor Terbaik

Setelah tahu poin-poin apa aja yang harus diperhatikan saat servis motor, langkah selanjutnya adalah memilih bengkel motor terbaik. Biasanya saya mencari bengkel yang dekat dari rumah tapi servisnya bisa diandalkan. Maklumlah cewek kan biasanya tahu beres hehehe.

servis motor rasa mesin baru di Planet Ban
foto: planetban.com

Di Planet Ban servis motornya menganut sistem servis motor terpadu. Servis ini bertujuan untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor secara cepat dan hemat biaya. Pemeriksaan terhadap seluruh komponen secara detail sehingga menghasilkan rasa mesin baru setelah diservis.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Servis motor di Planet Ban ternyata mempunyai segudang keunggulan diantaranya:

1. Penggunaan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan perfoma motor dan melindungi mesin sehingga mesin sepeda motor lebih terjaga dan tidak mudah rusak.

2. Selalu menggunakan sparepart ori dan dikombinasikan dengan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi membuat berkendara lebih nyaman, tarikan mesin enteng dan dingin. benar-benar serasa mesin motor baru.

3. Menggunakan oli berkualitas baik sehingga penggantian oli pun tidak terlalu sering, cukup 4-6 bulan sekali atau sudah mencapai jarak tempuh 5.000 km. 

4. Hemat biaya servis karena tidak perlu sering ke bengkel, misalnya untuk ganti oli mesin/oli mesin matic. 

5. Turut serta menjaga lingkungan. Ya pastinya dengan rajin servis motor secara berkala kesehatan mesin akan terjaga dengan baik. Selain meminimalisir kerusakan, emisi dan polusi yang ditimbulkan oleh sepeda motor berkurang dan secara tidak langsung ikut memelihara bumi.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Bengkel Lain

Ada dua alasan mengapa servis motor di Planet Ban berbeda dengan di tempat lain. Pertama, lokasi Planet Ban sangat mudah dijangkau dan strategis. Alasan kedua adalah pelayanannya yang prima dengan hasil akhir servis rasa mesin baru.

Servis motor di Planet Ban benar-benar mengutamakan kualitas. Semua komponen sepeda motor dicek dan dibersihkan secara cermat. Pada bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga seperti mesin baru.  

Efek samping setelah servis mesin enteng seperti mesin baru. Tidak hanya itu mesin menjadi bersih total, emisi turun lebih dari 70 %, bahan bakar lebih hemat. Biaya servis di Planet Ban sangat terjangkau. Servis motor injeksi Rp. 20.000, servis CVT sekaligus rantai Rp. 19.500 dan servis throttle body Rp. 20.000.

Penutup

Memang bener banget servis motor berkala bikin nyaman berkendara. Apalagi bagi pengguna sepeda motor matic. Agar kerusakan tidak menumpuk perlu dijadwalkan servis rutin misalnya 4 atau 6 bulan sekali, terutama penggantian oli mesin matic. Jangan sampai jadwal terlewat dan oli terlanjur sudah terlalu kotor. Sudah nggak bingung kan servis motor di mana? Langsung bawa motor kalian untuk diservis di Planet Ban terdekat. Buktikan sendiri servis motor rasa mesin baru.  



klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

20 komentar untuk "Servis Motor Berkala Bikin Nyaman Berkendara"

  1. Planet ban tuh ternyata langganan bapakku kalo servis motor. Ganti perintilannya juga, termasuk ban. Memang bengkel andalan 👏🏼

    BalasHapus
  2. Nah bener kan, sdh pernah nyobain juga, dan hasilnya memuaskan servis di Planetban. Tarikan motor lebih enteng, suara mesin jadi lebih halus setelah di servis. 5/5 deh untuk pelayanan dan mekaniknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Top mantab, pasti kalau mau servis balik ke Planet Ban lagi

      Hapus
  3. Servis motor secara berkala bagus untuk performa motor ya mbak. Suamiku juga servis motor di Planet Ban, kebetulan ga terlalu jauh dari rumah, harga terjangkau dan servisnya patut diacungi jempol karena beneran profesional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, kalau ada yg bagus dan deket rumah nggak perlu jauh2 kan

      Hapus
  4. rutin adalah sebuah keharusan. Biar nyaman berkendara. Planet ban banyak yang bilang bagus memang. Kebetulan dekat rumah ada nih. Kapan2 nyobain ke sana ah ..

    BalasHapus
  5. Emang paling gampang tuh servis motor di Planet Ban. Lokasinya deket rumah dan hasilnya juga memuaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mager kan kalo jauh-jauh, yg deket aja ada yg bagus hehehe

      Hapus
  6. Langganan dari lama, pertama kali cuma ganti ban aja, trus nyobain servis ternyata cocok. Motor jadi enteng

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Kirain di Planet Ban cuma jual ban aja, bisa ganti oli mesin matic dan servis juga tho. Kebetulan bulan ini jatah servis motor...

    BalasHapus
  9. Udah paling happy banget deh ya kalo ketemu tempat service yang paket komplit gini. Auto sat set sat set, service terpercaya di tangan ahlinya. Masalah hilang, hati jadi tenang

    BalasHapus
  10. Makasih ulasannya. Tapi aku juga langganan Planet Ban kok. Dulu tahunya cm jualan ban, trnyta bisa servis rutin juga. hihihi

    BalasHapus
  11. iya.. soalnya namanya Planet Ban ya :)

    BalasHapus