Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Sekolah Internasional di Yogyakarta? Ada YIS

siswa, guru dan orang tua hadir di YIS Chinese New Year Celebration

Memiliki branding sebagai kota pelajar dan kota pendidikan, Yogyakarta menjadi rumah kedua bagi pelajar nusantara dan pelajar asing yang datang untuk menuntut ilmu. Selain biaya hidup murah, Yogyakarta dipilih karena mutu pendidikannya bagus dan banyak pilihan sekolah berkualitas.

Ada beragam jenis sekolah, secara awam kita mengenal sekolah negeri dan swasta. Berdasarkan kurikulum dan metode pengajaran sekolah dibedakan menjadi sekolah nasional, sekolah bilingual dan sekolah internasional. 

Nah sekolah internasional ini saya pikir sangat menarik. Dan kabar bahagianya Senin 23 Januari 2023 yang lalu saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Yogyakarta Independent School, salah satu sekolah internasional di Yogyakarta dalam rangka YIS Chinese New Year Celebration 2023. Kegiatan ini diadakan kembali untuk pertama kalinya setelah pandemi. Yuk kita intip keseruan hari itu.

YIS Chinese New Year Celebration 2023

YIS Chinese New Year Celebration 2023 yang bertema Hop Into the New Year of The Rabbit, Good Fortune, Prosperity and Keep On Aiming High dirayakan secara meriah. Program ini diselenggarakan dengan maksud mengenalkan siswa keragaman budaya dunia sehingga terbentuk sikap hormat dan menghargai.

penampilan siswa YIS pada Chinese New Year Celebration 2023
Penampilan siswa YIS preschool

Tepat pukul 08.00 para siswa dan wali murid menuju ke venue acara di tribun YIS stadium. Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Ismail Sumantri selaku Kepala Sekolah Yogyakarta Independent School. Selama kurang lebih satu setengah jam ke depan para hadirin akan menyaksikan penampilan dari siswa dan pertunjukan barongsai. 

Siswa early years dan primary masing-masing unjuk kebolehan menampilkan kemampuan mereka menari, menyanyi dan baca puisi. Siswa preschool tampil pertama. Berdiri berjajar rapi membentuk dua barisan. Kedua tangan mereka memegang kipas warna merah dan kuning yang digerakkan mengikuti alunan musik. Meskipun berusia kurang dari lima tahun, tetapi kepercayaan diri mereka patut diacungi jempol. Saya aja belum tentu se-pede mereka tampil di depan hehehe.

Pertunjukan berikutnya adalah tarian barongsai. Ada aja polah tingkah mereka yang mengundang tawa ketika menari dengan topeng barongsai. Siswa primary menunjukkan kemampuan mereka menyanyi dalam bahasa Mandarin dan dilanjutkan dengan membaca puisi sekaligus menutup sesi performance of student.

penampilan siswa primary bernyanyi di Chinese New Year Celebration 2023
Siswa Primary menyanyikan lagu berbahasa Mandarin

Akhirnya pertunjukan yang paling ditunggu yaitu lion dance atau barongsai. Penari berkostum singa melompat-lompat dan mempertunjukkan atraksi akrobatiknya. Menjelang pertunjukan berakhir para siswa beramai-ramai memberikan angpao kepada singa-singa lucu berwarna merah, biru dan pink. Tarian barongsai menjadi penutup rangkaian program YIS Chinese New Year 2023. 

kegembiraan siswa YIS menyaksikan barongsai dan memberi angpao
Ramai-ramai memberi angpao ke barongsai

Sebelum kembali ke kelas untuk belajar, para siswa dan hadirin dipersilakan menuju ke kantin stadium untuk menikmati snack dan minuman.  Siswa, orang tua, guru dan staff membaur dan saling ngobrol sambil menyantap kue apem, bakpao, buah-buahan segar dan mie goreng. Suasananya terasa hangat, raut wajah ceria tampak terpancar di mata siswa siswi YIS. “Ooo jadi gini ya vibes-nya bersekolah di sekolah internasional,” batin saya.

Mengapa Memilih Sekolah Internasional?

suasana pendopo YIS
Pendopo YIS dihiasi ornamen Imlek

Sebenarnya apa sih sekolah internasional? Nah saya kutipkan definisi sekolah internasional dari Wikipedia ya: 

sekolah internasional adalah sekolah yang mendukung pendidikan internasional, baik dengan menerapkan kurikulum internasional seperti International Baccalaureate, Edexcel atau Cambridge International Examinations atau mengikuti kurikulum nasional di luar negara tersebut. 

Dengan kata lain sekolah internasional mengedepankan pendidikan berbasis global dengan menggunakan kurikulum internasional. Bahasa pengantar di sekolah internasional adalah bahasa Inggris. karena guru dan siswanya pun berasal dari berbagai berbagai penjuru dunia (multikultur).

Ya, saat pandangan mata saya arahkan ke berbagai penjuru, siswa yang sekolah di sini berasal dari berbagai negara. Menurut Pak Yeremias selaku YIS Marketing dan Admissions Officer saat mengantarkan kami berkeliling sekolah, siswa di YIS yang merupakan WNA sebagian berasal dari Korea Selatan dan India, sementara sebagian lainnya berasal dari negara Eropa seperti Prancis, Swiss dan lain-lain. 

murid-murid YIS berkumpul di Chinese New Year Celebration 2023
Perayaan YIS Chinese New Year 2023

Sekolah internasional bukannya hanya untuk WNA? Tidak kok. Diantara siswa yang perform di acara imlekan tadi saya melihat beberapa siswa WNI. Artinya YIS juga menerima WNI untuk belajar di sini. Syaratnya harus fasih berbahasa Inggris karena bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris. Bagi siswa yang belum lancar berbahasa Inggris, para guru akan dengan senang hati membantu. 

Pantesan ya murid-murid yang sekolah di sekolah internasional nggak bisa bahasa Indonesia? Eits tunggu dulu. Di YIS ada kelas bahasa Indonesia lho. Walaupun menggunakan kurikulum internasional tetapi bahasa Indonesia tetap dipelajari oleh siswa. Materi pelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing diberikan kepada siswa WNA sementara penutur asli akan mendapatkan materi yang lebih advanced seperti sastra atau linguistik. 

Saya menduga, setidaknya ada tiga pemikiran/pertimbangan menyekolahkan anak di sekolah internasional yaitu kurikulum, fasilitas dan persiapan melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri. Sayang sekali saya tidak berhasil ngobrol dengan salah satu wali murid untuk memastikan apakah pemikiran saya benar. 

Berkenalan dengan Yogyakarta Independent School (YIS)

lapangan sepak bola YIS stadium
stadion YIS, venue Chinese New Year Celebration 2023

Berdiri di atas lahan seluas 6,5 hektar, bangunan sekolahnya saya rasa hanya menempati kurang dari 20% dari total luas tanah. Sungguh saya merasa lega karena pihak sekolah tidak menghabiskan lahan untuk membangun gedung. 

Beneran lho, sejak dari pintu gerbang, selain sambutan bapak security yang ramah, saya disambut oleh deretan pepohonan yang daun-daunnya bergoyang tertiup angin. Lebih jauh melangkahkan kaki, langsung terlihat sebuah pendopo dan dua gedung tingkat satu berlatarkan hijaunya lapangan sepak bola dan Gunung Merapi yang tampak full di kejauhan. Cakep banget.

Tanah yang tidak didirikan gedung dijadikan lapangan sepak bola, area hijau dan kebun. Bahkan ada mini farm, sayang saya lupa dan terlewatkan melihatnya sehingga saya tidak tahu ada hewan apa saja yang dipelihara di sana. 

YIS didirikan tahun 1989, 34 tahun lalu. Dahulu sekolah ini bernama Yogyakarta International School. Namun karena adanya kebijakan pemerintah yang melarang penggunaan istilah internasional maka YIS berubah menjadi Yogyakarta Independent School di tahun 2014.

gedung sekolah YIS
tampak samping gedung sekolah YIS

Sekolah ini mempunyai tiga bangunan utama yaitu pendopo dan dua gedung yang berfungsi sebagai kantor dan ruang kelas. Gedung pertama berada di belakang pendopo, lantai satu untuk kantor, kelas preschool dan kindergarten sedangkan lantai dua gedung ini difungsikan sebagai lapangan basket. 

Lantai satu gedung ke dua digunakan sebagai perpustakaan dan ruang kelas untuk kelas grade 1-6. Lantai duanya digunakan untuk ruangan kelas seni, musik, bahasa dan sains. Di gedung ini tampak sekali perbedaan dengan sekolah lokal, untuk siswa level secondary mereka tidak memiliki ruang kelas tetap. Siswa akan mobile dan datang ke kelas untuk mengikuti pelajaran. Jadi misalnya ada pelajaran melukis mereka akan pergi ke kelas seni. 

Ruang kelas di YIS didesain sedemikian rupa menggunakan dinding kaca sehingga cukup banyak menampung sinar matahari yang berfungsi sebagai penerangan. Jika sinar matahari terasa berlebihan dan mulai terasa terik, di setiap jendela dipasang tirai yang bisa digunakan untuk menghalangi sinar/panas matahari. Hemat energi kan.

Di belakang dan samping pendopo terdapat area bermain untuk siswa preschool dan kindergarten. Sedangkan di sisi utara gedung sekolah, terdapat lapangan sepak bola bertaraf internasional. Stadion ini sering digunakan untuk latihan timnas U20.

YIS, Sekolah Internasional  Berkurikulum IB di Yogyakarta

Suasana YIS di pagi hari

Mengapa harus bersekolah internasional di YIS? Pertama YIS didukung oleh lingkungan sekolah yang nyaman sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kedua, YIS memiliki fasilitas belajar yang lengkap. Dua hal itu tidak cukup. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bagian paling penting dari sekolah internasional adalah kurikulum.

YIS adalah satu-satunya sekolah internasional di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum International Baccalaureate. International Baccalaureate (disingkat IB) adalah yayasan pendidikan internasional yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss.  Kurikulum IB bertujuan agar siswa memiliki wawasan global dan kreativitas serta mampu mengembangkan emosi, intelektual, kemampuan sosial. Sehingga kurikulum IB lebih menekankan pada pemahaman konsep (concept based)

Program IB telah diadopsi dan tersebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sekolah yang menjalankan kurikulum IB harus memiliki sertifikasi dan terdaftar resmi di yayasan IB.  Sejak November 2018 YIS menjalankan tiga program pendidikan yaitu IB Primary Years Programme (setara SD), IB Middle Years (setara SMP) dan IB Diploma Programme (setara SMA). YIS menjadi sekolah berkurikulum IB secara penuh mulai dari level preschool sampai SMA.

Sekolah berkurikulum IB memiliki keunggulan, salah satunya mempersiapkan siswa untuk meneruskan pendidikan tinggi ke luar negeri. Siswa yang bersekolah dengan kurikulum IB kadang tidak perlu mengambil mata kuliah tertentu saat di universitas.

Dengan kata lain program IB Diploma Programme diakui oleh universitas di seluruh dunia karena memiliki kurikulum setara diploma. Bukti lainnya banyak lulusan YIS yang diterima di berbagai universitas terkemuka di dunia.

Siswa WNI yang bersekolah di YIS tetap difasilitasi untuk mendapatkan pembelajaran sesuai kurikulum nasional dan mengikuti ujian yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan sama seperti standar siswa di sekolah nasional. Sebagai informasi YIS sudah memiliki ijin resmi dan terakreditasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penutup

Kepala Sekolah YIS ngobrol bareng siswa secondary

Setuju kan kalau saya bilang pendidikan merupakan investasi bagi anak di masa depan. Tidak heran jika para orang tua mencari sekolah yang terbaik. Tertarik menyekolahkan anak di sekolah internasional? Atau ingin melanjutkan studi ke luar negeri?   

Datanglah ke campus Yogyakarta Independent School kapan saja. YIS berlokasi di Jalan Tegal Mlati 1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati Sleman 55284, DI Yogyakarta. Mau tanya-tanya dulu, bisa menghubungi no telp/WA 08112632442 dan email info@yis-edu.org. Atau bisa mengikuti open house yang diadakan secara berkala, info lebih lengkap bisa pantau Instagram @yogyakartaindependentschool. Open house YIS bulan Januari diadakan tanggal 27 Januari 2023. Sampai jumpa di YIS ya.



 

klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

1 komentar untuk "Cari Sekolah Internasional di Yogyakarta? Ada YIS "

  1. Saya baru pernah sekali masuk ini. Berkesempatan Room Tour, loh. Asyik, kapan lagi bisa lihat bagaimana dalemannya. Suka saya desain gedung yang ramah lingkungan. Cahayanya melimoah..

    BalasHapus