Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blog Plan Blogger, Fokus Ngeblog

Blog plan adalah perencanaan ngeblog yang dibuat agar blog bisa konsiten memposting tulisan. Banyak kendala saat menulis blog terutama kehabisan ide, nggak tahu mesti nulis apa, mentok dan ujung-ujungnya malah nggak nulis apa-apa. Kalau “penyakit” ini dibiarkan blog bisa mangkrak, rugi dong bayar tiap tahun hehehe.

membuat perencanaan blog penting agar blog fokus dan tidak kehabisan ide

Mumpung ini akhir tahun 2021, saya mau mencoba agar konsisten nulis. Kebetulan banget di Kelas BRT Network  Desember yang saya ikuti kali ini Mbak Marita sharing tentang bagaimana membuat Blogplan. Saya sebagai blogger pemula jelas girang banget apalagi ada diskusi dengan teman-teman di grup kecil yang ternyata kita juga menghadapi persoalan yang sama

Blog plan 13-18 Desember

Tinggal di Yogyakarta rasanya tidak kehabisan bahan untuk ditulis, apalagi blog ini fokus di travelling. Sebagai pemanasan saya mencoba untuk membuat perencanaan tulisan dari rentang tanggal 13-18 Desember 2021. Saya tertarik untuk menulis kondisi Jogja menjelang akhir tahun dengan topik sebagai berikut:

-      - Tanggal 15 Desember memposting tulisan tentang kondisi nol kilometer saat weekend, dengan keyword liburan di Jogja.

-    - Tanggal 17 Desember memposting tulisan tentang Malioboro saat Weekend, pilihan keyword tempat belanja di Jogja

Blog Plan tahun 2022

Saatnya membuat resolusi di tahun 2022. Seperti yang disebutkan di atas, sesuai dengan niche blog yaitu travelling tentu saja tulisan tentang traveling harus makin banyak sehingga menarik minat pembaca. Apalagi banyak kisah-kisah perjalanan saya yang belum sempat saya posting di blog karena berbagai alasan (padahal mah karena mager dan males sih hehehehe)

Mengintip rencana blog di tahun 2022 milik mbak Maftuha yang memasukkan rencana untuk mengikuti lomba minimal 1 bulan sekali sepertinya ide yang bagus. Agar mampu bersaing dengan peserta lomba Mbak Maftuha juga mengupgrade skillnya lewat kelas-kelas blog

Mbak Lintang Gumilang punya blog plan yang lebih fokus pada optimasi blog dan berencana akan lebih banyak membuat postingan organic, ikut kelas blog dan fokus pada job dan lomba blog. Wah kalau blogplannya seperti ini jadi mudah akan mengarah ke mana nanti di tahun 2022.

Wah di diskusi grup ini rupa-rupanya target untuk menaikkan DA jadi isu utama. Mbak Zulmiati menargetkan DA blognya menjadi 11 di akhir tahun 2022 nanti. Posting artikel sesuai SEO dua kali seminggu, riset kw dua minggu sekali dn cek broken link menjadi langkah penting.  Mbak Zul tidak lupa ikut kelas dan bergabung dengan komunitas blogger untuk nambah ilmu, bekal untuk ikut lomba.

Sementara itu mbak Sri Wahyuni punya target posting 60 artikel yang fokus di artikel  organik. Postingannya ditargetkan bisa mencapai lima ribu views per bulan dan nangkring di halaman satu pencarian Google. Wah keren sekali target mb Yuni, saya jadi kepikiran bagaimana bisa membuat artikel ada di page one.

Mbak Zakia dalam perencanaannya di tahun 2022 ingin agar DA naik di angka 15 dan bisa menaikkan nilai PV sebesar 10.000. Setidaknya artikel postingan mb Zakia bisa ada di google 10 dan bisa menang lomba.

strategi membuat blogplan agar target yang ditetapkan tercapai dan fokus pada blog tetap terjaga


Setelah berdiskusi tentang blog plan bersama dengan kelompok kecil di Grup BRT Network saya memutuskan ada 2 target yang ingin saya raih di tahun 2022 yaitu menaikkan DA (15), memperbaharui artikel lama sesuai SEO, ikut kelas blogger dan posting organik sebulan tiga kali (tanggal 10, 20 dan 30)

Kenapa hanya tiga kali dalam sebulan? Ya itu target minimal sih. Untuk mencari bahan atau sumber tulisan terutama yang berkaitan dengan perjalanan wisata saya membutuhkan waktu untuk melakukan perjalanan dan riset kecil agar menghasilkan tulisan yang informatif.

Saya tidak fokus pada lomba, kecuali apabila lomba tersebut bertemakan travelling yang sesuai dengan niche saya. Alih-alih fokus lomba saya malah lebih memilih untuk mengupdate tulisan lama agar sesuai dengan parameter seo yag sudah saya pelajari di kelas BRT Network.

Blogplan 2022 untuk blog klaverstory agar lebih banyak menghasilkan tulisan perjalanan yang menarik pembaca


Kesimpulan

Blogplan yang disusun dengan baik dan rapi tidak hanya memudahkan kita untuk membuat tulisan tapi juga membuat blog tidak salah arah, tidak mencla mencle dan tetap sesuai dengan niche. Wah saya beruntung sekali bisa bertahan di kelas ini dan mendapatkan banyak ilmu.

PR selanjutnya adalah mengerjakan blogplan yang telah disusun dan memiliki komitmen pada apa yang telah disepakati. Seperti pada awal saya membuat blog ini semoga ke depannya blog ini bisa menarik pembaca terutama para travellers. Semoga.

klaverstory
klaverstory Hi, I am Dian

Posting Komentar untuk "Blog Plan Blogger, Fokus Ngeblog"