Channel YouTube Traveling Paling Favorit Versi Klaverstory (Part 1)


Hai Klavers,

Masih ingat kan cerita Don’t cancel your trip but postponed it? Lalu saat sudah #newnormal seperti ini, artinya kita sudah boleh traveling kah? Toh bandara dan penerbangan sudah mulai dibuka. Saya sih udah jenuh banget di rumah dan nggak kemana-mana. Tetapi saya memilih tetap bertahan #dirumahsaja menunda rencana traveling. Entah pandemi ini kapan usai, sementara berita yang terupdate adalah peningkatan jumlah pasien COVID-19. Tidak mudah bertahan di “rumah” apalagi kebiasaan traveling setahun sekali, keadaan yang tidak pasti ini sungguh membuat galau setengah mati. Ditambah selama masa-masa #stayathome saya rajin nonton channel jalan-jalan dan makan-makan. Makin baper kan? Biar nggak galau sendirian, bapernya berjamaah, saya mau share channel YouTube para traveler dan Food Traveler. Kali aja ada manfaatnya untuk trip mendatang. 

Nah inilah chanel YouTube traveling favorit:

  1. Renata Pereira 

Selalu tersenyum dalam setiap video perjalanannya. Wanita kelahiran Brazil dan tinggal di US ini adalah seorang jurnalis. baru ngeh kalo memperhatikan artikulasinya ketika berbicara, jelas dan tidak gagap di kamera. Setiap perjalanannya Renata selalu ditemani oleh suaminya, Gordon. Dalam setiap pengambilan gambar di videonya, Renata selalu menyertakan narasi tempat yang ia kunjungi. Bila ada cerita sejarah dia akan mengulasnya. Ya wajarlah seorang jurnalis akan melihat perjalanan dengan cara yang berbeda, mungkin sebelum berkunjung bisa jadi dia mencari tahu. 

Awalnya saya tidak sengaja menemukan chanel ini. Rajin nonton YouTube hampir tiap hari, channel ini nyelonong aja muncul di timeline saya. Pengambilan video yang anteng, bikin mata nggak buyer jadi betah mantengin monitor, episode Malioboro adalah video pertama channel ini yang saya tonton. Ooo jadi gini Jogja dalam lensa turis manca. Penjelasan yang mudah dipahami, penguasaan materei yang cukup baik. Saya yakin Renata selalu melakukan riset kecil sebelum berkunjung ke suatu tempat.

  1. Jacob Laukatis 

Traveler asal Lithuania ini memulai traveling sejak usia 19 tahun dan menghabiskan 7 tahun untuk melakukan perjalanan ke berbagai negara seperti Mexico, Bulgaria, Middle East, Swiss, , Italia dan Australia. Jacobs juga menghabiskan 12 bulan untuk melakukan perjalanan ke Asia dan berkunjung ke negara berikut Thailand, Nepal, Taiwan, , Korea Selatan, Vietnam, Jepang, India, Malaysia dan tentu saja Indonesia. Jika menginginkan ingin sedikit berpetualang ke negara-negara seperti Syria, Iran, Irak, Lebanon, Pakistan, Uzbekistan, Korea Utara, channel ini akan membantu memberikan gambaran bagaimana perjalanan/trip ke negara tersebut. Bahkan saya menemukan channel ini saat mencari referensi perjalanan ke Korea Utara. Dari channel ini saya jadi punya gambaran melakukan traveling tidak hanya ke Korea Utara, tetapi juga negara lain yang mungkin tidak pernah terlintas bakal jadi tujuan.

Video perdananya yang berdurasi 2.43 menit adalah rekaman videonya bersepeda motor sendirian 8000 km tanpa peta selama 4 minggu melintasi 15 negara di The Balkans 5 tahun yang lalu.  So adventure. Jacob kerap menggunakan narasi di videonya, jadi kita bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas beserta beauty shootnya. Ini jarang ditemui di channel lain, padahal bagi traveler seperti saya info lebih penting. Tonton saja salah satu video Jacobs yang bercerita tentang Vilnius. Jacobs juga kerap kali membagikan Do’s and Don’t saat traveling ke suatu negara. Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, demikan kira-kira Jacobs selalu menyampaikan pesan dalam setiap video perjalanannya. 

No 3 dan seterusnya bersambung di next episode yak

Komentar